026099200_1587012256-photo-1518458028785-8fbcd101ebb9.jpg

Jangan Hura-Hura, Ini 5 Tips Kelola Uang Saat Ketiban Rezeki Nomplok

Liputan6.com, Jakarta Adalah hal yang paling menyenangkan ketika mendapatkan banyak uang secara tiba-tiba. Akan tetapi, Anda harus tetap bisa mengatur uang tersebut dengan baik agar tidak menyesal di kemudian hari. Dari uang tersebut Anda bisa membangun kekayaan.

Jika pernah mendapatkan uang ekstra secara tiba-tiba, Anda mungkin membayangkan semua cara untuk berbelanja banyak hal. Wajar jika ingin berbelanja secara royal. Akan tetapi, Anda juga harus memutuskan akan digunakan untuk apa saja uang tersebut.

Namun, dibanding untuk hura-hura, lebih baik Anda gunakan uang tersebut untuk membangun kekayaan. Jika bingung, berikut ini beberapa tips membangun kekayaan ketika Anda memiliki banyak uang seperti melansir Business Insider, Senin (8/5/2023).

1. Lunasi Utang

Sebelum melakukan brainstorming daftar liburan atau barang-barang menyenangkan untuk menghabiskan uang ekstra, analis keuangan bersertifikat Doug Carey menyarankan agar Anda mempertimbangkan untuk menggunakan uang tersebut untuk melunasi utang berbunga tinggi, baik dengan saldo kartu kredit atau dari pinjaman pribadi .

“Dengan mengurangi utang, Anda akan menghemat uang untuk biaya bunga dan meningkatkan skor kredit Anda sehingga dapat membantu Anda memenuhi syarat untuk tingkat pinjaman yang lebih baik di masa depan,” katanya.

2. Investasikan pada Rekening Pensiun

Jika tujuan Anda adalah menumbuhkan uang dalam jangka waktu yang lama, Carey menyarankan untuk menginvestasikannya di rekening pensiun, seperti 401 (k), IRA, atau Roth IRA. Carey menuturkan bahwa uang yang Anda masukkan hari ini akan bertambah dari waktu ke waktu dengan bunga majemuk.

Plus, dia mengatakan bahwa akun ini menawarkan berbagai manfaat pajak, di mana beberapa kontribusi dapat dikurangkan dari pajak atau ditangguhkan pajak.

 

Source link

Tags: No tags

Add a Comment

You must be logged in to post a comment