067351800_1714383642-fotor-ai-20240429133817.jpg

Perusahaan Kripto di AS Wajib Lapor Pajak pada 2026

Setelah momen Bitcoin Halving pada April 2024 lalu, hashrate rata-rata pergerakan 30 hari jaringan turun sebesar 7%, dari titik tertinggi sepanjang masa sebesar 626 exahash per detik (EH/s) menjadi 580 EH/s. 

Dilansir dari Bitcoin.com, Kamis (4/7/2024), peneliti dari Coinmetrics mengatakan penurunan hashrate menyoroti tekanan yang dihadapi para penambang saat mereka beradaptasi dengan berkurangnya hadiah blok dan harga bitcoin (BTC) yang stagnan.

Laporan Coinmetrics menunjukkan, terlepas dari tantangan-tantangan ini, sektor ini mengalami peningkatan sementara dalam pendapatan biaya transaksi dan kemajuan penting dalam efisiensi penambangan. 

Salah satu peristiwa penting selama Q2 adalah konsolidasi output transaksi yang belum terpakai (UTXO) berskala besar oleh Okx, yang mengakibatkan lonjakan sementara pada biaya transaksi.

Selama periode tiga hari, para penambang memperoleh biaya sebesar USD 38 juta atau setara Rp 622,4 miliar (asumsi kurs Rp 16.379 per dolar AS), yang secara signifikan meningkatkan pendapatan mereka. 

Coinmetrics mencatat bahwa langkah operasional seperti itu, meskipun merugikan Okx, memberikan penangguhan hukuman yang sangat dibutuhkan bagi para penambang yang bergulat dengan harga hash yang rendah dan pasar biaya yang lemah. 

Peneliti Coinmetrics juga mencatat bahwa Bitfarms, sebuah perusahaan pertambangan yang berbasis di Toronto, menunjukkan peningkatan efisiensi yang signifikan.

Kesimpulannya, peneliti Coinmetrics berpendapat lanskap penambangan Bitcoin pada Q2 2024 ditandai oleh perpaduan antara kesulitan dan adaptasi. 

Meskipun peristiwa halving dan harga BTC yang stagnan menimbulkan tantangan yang signifikan, respons industri melalui peningkatan efisiensi dan diversifikasi strategis menyoroti sektor yang tangguh dan berkembang.

 

DisclaimerSetiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.


Source link

Tags: No tags

Add a Comment

You must be logged in to post a comment