MS. Excel for Accountant
Akuntan dapat berperan membantu penyediaan informasi keuangan secara cepat dan andal dengan bantuan aplikasi perkantoran. Ms Excel adalah salah satu aplikasi Ms Office yang dapat digunakan dalam mengoptimalkan penyediaan laporan dan informasi dari data keuangan.
Peserta akan berlatih cara menggunakan data dari General Ledger yang diperoleh dari software accounting. Data ini selanjutnya diolah dengan fitur Ms excel agar terlihat informatif dan mudah menjawab pertanyaan manajemen atau pengambil keputusan. Peserta juga belajar menggunakan sumber data lain dapat membuat tampilan dashboard ala Ms excel. Penyediaan informasi ini diharapkan membuat data menjadi informatif ketika dilaporkan ke pimpinan dan pimpinan dapat fokus kepada aspek manajerial dari data yang diperoleh.
Materi Pelatihan :
– Fungsi dasar dan short cut di Ms Excel yang relevan bagi akuntan dan bagian keuangan
– Fungsi VLookup, HLookup, Offset, Index
– Fungsi kondisional seperti SumIF, CountIF, Max, Min
– Menggunakan conditional formatting
– Menggunakan pivot table
– Menggunakan chart dan membuat dynamic chart
– Menggunakan Data Validation
– Menggunakan Consolidate
– Menggunakan Form Control: Combo box, spinner button, check box
– Latihan komprehensif untuk membuat dashboard dan laporan eksekutif dari data keuangan dengan fitur Ms Excel.